Pengertian Perpustakaan Sekolah dan Manfaatnya

Pengertian perpustakaan sekolah secara umum adalah sebuah tempat yang menyediakan koleksi literatur yang berguna bagi pendidikan di sekolah. Keberadaannya pun menyatu dengan lingkungan sekolah, serta hanya bisa diakses oleh civitas akademika sekolah yang bersangkutan. Perpustakaan ini sendiri didirikan bukan hanya sebagai pelengkap penderita hanya agar dikatakan sebagai sekolah yang bonafid. Perpustakaan itu difungsikan semaksimal mungkin demi kemajuan pendidikan anak didik.
Sekolah dan Pendidikan
Ada sesuatu yang sangat mendasar ketika berbicara tentang sekolah dan pendidikan. Sekolah itu mempunyai aturan dan kurikulum yang harus dikejar agar apa yang telah ditetapkan sebagai kompetensi dasar seorang anak akan tercapai. Sedang pendidikan itu adalah pembentukan kepribadian yang bisa didapatkan di mana saja termasuk di sekolah. Pertanyaannya adalah apakah sekolah itu mampu memberikan pendidikan yang dibutuhkan oleh seorang anak? Jawabannya memnag tergantung pada apa yang kerjakan oleh pihak sekolah.
Sekolah yang baik pasti tidak hanya akan mengajarkan bahan-bahan pelajaran, namun juga akan mendidik agar anak-anak mempunyai karakter yang membentuknya menjadi pribadi yang ulung dan menjadi manusia seutuhnya. Ketika terjadi begitu banyak tawuran pelajar di mana-mana, semua orang bertanya, apa yang anak-anak itu dapatkan di sekolah? Apa yang diberikan oelh para gurunya sehingga anak-anak menajdi begitu beringas? Mengapa mereka begitu berenergi membuat keonaran dan tidak bisa ditenangkan hanya dengan kata-kata lembut?
Sebelum tawuran atau kekerasan dalam bentuk apapun terjadi, pasti ada satu proses panjang yang akhirnya mempengaruhi pikiran mereka. Tidak mungkin tiba-tiba mereka menjadi beringas kalau mereka telah mendapatkan pendidikan yang memadai sejak dari dalam buaian. Lingkungan pasti telah membentuk dan mempenaruhi mereka. Pihak sekolah mungkin saja tidak bisa berbuat apa-apa karena memang anak-anak itu telah membawa karakter beringasnya dari rumah. Mereka masuk ke sekolah yang tidak ada embel-embel RSBI, SBI, sekolah plus atau sekolah unggulan yang biasanya mempunyai tingkat kedisiplinan yang tinggi.
Pengotakan sistem sekolah ini mungkin juga telah membuat anak-anak yang tidak bisa masuk ke sekolah yang anggap menterang itu, frustasi. Mereka sesungguhnya ingin diakui. Kalau mereka harus bersaing dengan anak-anak yang dianggap pintar dan cerdas, mungkin merek atidak bisa. Satu-satunya jalan mencari sensasi adalah dengan membuat keonaran. Di sekolah mereka yang tidak mempunayi embel-embel apa-apa itu, mungkin saja fasilitas sekolahnya sangat minim. Jangankan mampu mempekerjakan guru yang hebat, mungkin untuk memberikan gaji yang layak kepada para guru dan karyawan sekolah saja, pihak manajemen sekolah keteteran.
Bagaimana akan memenuhi fasilitas sekolah yang lainnya, seperti perpustakaan. Untuk sekolah minim pendanaan seperti ini, fasilitas perpustakaan mungkin hanya akan diletakan di sudut sebuah ruangan. Sekedar menumpuk buku-buku yang ada. Sangat disayangkan memang. Tetapi potret pendidikan di Indonesia terkadang memang sangat memprihatinkan. Belum lagi bila berkisah tentang perjuangan anak sekolah melewati sebuah jembatan putus yang rusak sangat parah di atas sungai yang beraliran deras.
Bagaimana anak-anak akan masih mempunyai tenaga untuk membaca buku dengan tenang di perpustakaan sekolah kalau tenaga mereka telah terkuras untuk bisa datang ke sekolah. Mungkin mereka sudah pasrah dan bisa melihat wajah gurunya saja sudah senang. Duduk manis di perpustakaan adalah satu mimpi. Padahal di atas sana, para wakil rakyat banyak sekali yang menggamburkan uang negara. Mereka yang mempunyai berbagai fasilitas itu mungkin lupa dengan nak-anak yang berjuang untuk bisa hadir di kelasnya setiap hari.
Perpustakaan – Gudang Ilmu
Sebuah sekolah yang sangat sadar sebagai tempat pendidikan, akan berusaha menyediakan gudang ilmu, yaitu perpustakaan. Bagi beberapa sekolah, perpustakaan ini sangat penting dan oleh karenanya sangat memperhatikan keberadaan perpustakaan yang mereka miliki. Tidak ada kata yang ‘hanya sekedar formalitas’ untuk sebuah perpustakaan sekolah. Perpustakaan malah bisa dikatakan sebagai jantung sekolah. Perpustakaan adalah pusat informasi yang benar-benar mendapatkan perhatian yang lebih guna membantu anak-anak sekolah meningkatkan pengetahuan mereka tentang apapun.
Anak-anak yang mempunyai pengetahuan yang luas akan bisa melakukan banyak hal nantinya. Mereka tidak akan mudah memutuskan satu perkara penting. Pertimbangan dalam segala bidang akan mereka tinjau demi mendapatkan keputusan yang adil bagi semuanya. Cita-cita mempunyai anak-anak cemerlang seperti ini bisa diwujudkan dengan menyediakan gudang ilmu yang bagus. Itulah gunanya keberadaan sebuah perpustakaan di sekolah.
Pengertian Perpustakaan
Dari pengertian perpustakaan sekolah, menunjukkan bahwa perpustakaan sekolah adalah sebuah tempat eksklusif yang tidak memungkinkan orang di luar sekolah untuk mengaksesnya. Dalam arti, orang di luar sekolahan tidak memiliki hak untuk menikmati koleksi perpustakaan serta meminjam koleksi yang ada tersebut bagi kepentingan pribadinya.
Adanya pengertian perpustakaan  sekolah yang demikian eksklusif tersebut, bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para guru dan siswa untuk menikmati koleksi perpustakaan. Di samping itu, hal tersebut untuk memudahkan administrasi dan pencatatan transaksi peminjaman dan pengembalian buku perpustakaan.
Perpustakaan sekolah adalah salah satu bagian kelengkapan yang harus ada di setiap lembaga pendidikan formal di berbagai tingkatan. Karena perpustakaan dianggap sebagai guru kedua, setelah guru yang ada di sekolah tersebut. Hal ini disebabkan perpustakaan adalah sebuah tempat di mana di dalamnya terdapat banyak ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi siswa untuk diketahui.
Manfaat Perpustakaan Sekolah
Adanya kehadiran perpustakaan di sekolah beserta koleksinya diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Khususnya melalui penambahan pengetahuan bagi guru dan siswa yang ada di sekolah tersebut. Beberapa manfaat dari keberadaan perpustakaan sekolah adalah  merangsang minat membaca baik pada guru dan siswa. Karena membaca adalah sumber pengetahuan yang paling besar. Dari membaca, seseorang bisa mendapatkan informasi yang barangkali belum pernah dilihat atau didengarnya secara lengkap dan akurat.
Perpustakaan sebagai sumber literatur yang paling dekat. Koleksi buku di perpustakaan adalah salah satu sumber bagi guru dan siswa untuk memperoleh literatur yang sesuai dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari. Perpustakaan sebagai pusat informasi. Untuk mendapatkan informasi terkini, salah satu tempat di sekolah yang bisa dituju adalah perpustakaan. Dalam perpustakaan biasanya dilengkapi dengan media massa yang terbit setiap hari sebagai media penyampai berita teraktual.
Sumber pembelajaran menulis. Membaca koleksi perpustakaan, bisa menjadi bahan referensi apabila hendak menulis sebuah karya ilmiah, baik itu yang termasuk karya ilmiah murni atau juga karya ilmiah populer. Penulisan sebuah karya ilmiah memang harus didasarkan pada sumber literatur yang sudah ada sebelumnya. Perpustakaan bisa dijadikan rujukan untuk mencari literatur yang dibutuhkan.

0 komentar: